Kamis, 07 Desember 2017

Women in Engineering Unilever Leadership Fellowship (WULF)! Gils! Ini seru banget!



Hello! Well.. Sebelum memulai cerita tentang WULF 2017, aku mau ceritain sedikit dulu deh tentang blog ini. Aku jarang nulis cerita pribadi di media-media like blog gitu, tapi lebih suka nulis tentang penelitian atau yg seringnya disebut paper. Atau opini-opini pribadi seperti kompasiana. Kalian bisa search akunku ya di kompasiana. HAHAHA. Setelah dipikir-pikir kembali, ternyata banyak cerita yang perlu dibagikan ke orang-orang karena selama ini aku banyak termotivasi dengan blog-blog yang sering ceritain kehidupan pribadi mereka. Contohnya blog perjalanan sekolah di luar negeri karena beasiswa, rangkaian recruitment kerja dan masih banyak lagi. So, it is never too late, let’s share from now! Because, sharing is part of worship J #ciyaa

“Eh kamu baru darimana tuh apdet di IG muluu”
“Ngapain aja tuh disana, med? Ceritain dong!?”

Pertanyaan diatas cuma sebagai pertanyaan perwakilan aja dari beberapa pertanyaan yang temen2 ku tanyain tentang WULF sendiri dan jadi motivasi tersendiri buat aku to share this amazing story. Well,let’s talking about it!. Women in Engineering Unilever Leadership Fellowship atau WULF 2017. Dari namanya aja gausah ditanya ye, ini acara emang buat Cewek yang berjurusan Teknik. Acara ini actually still the first time sih diadain di Indonesia, sebelumnya pernah diadakan di Mexico, Brazil dan London (Kalau ga salah wkwk). So, wajar buat branding masih belum heboh banget karena masih new di Indonesia.

Awalnya aku dapet info dari grup SPE Undip. Trus aku langsung excited dan langsung kepoin tuh acaranya ngapain aja. Oke kepo-kepo, ternyata acaranya diadain sama Unilever Indonesia. Wow! Apa gak makin excited dah kalo dah denger perusahaan ini. Finally, aku bener-bener bertekad buat ikutan! Buat registrationnya hampir mirip-mirip kaya acara-acara lain yang sejenis. Ada dua poin penting yang aku inget yaitu answer some question and CV. Pertanyaannya standard tentang kehidupan kita, maksudnya kaya rencana-rencana kalian kedepannya, motivasi hidup, dan lain-lain lah. Trus ada lagi kaya pengalaman kamu ngapain aja gitu-gitu. So, aku isi bener-bener tuh pertanyaannya dan benering CV juga. Buat CV aku ga main-main, aku sampe minta tolong temen aku anak arsitektur, devina namanya. Dia jago banget ngedesain, dan dibantuin buat desainnya. Dan, sekedar info, sekarang devina lagi start up buat bikin online shop jasa desain CV karna bermula dari ngeditin CV-ku, well jadi pelajaran moral buat aku juga, ternyata motivasi buat wirausaha bisa didapet darimana aja.


Back to the topic, oke, aku submit deh requirement nyaa! Kalo ga salah kira-kira 10 hari lebih buat nungguin pengumuman. And thanks God! Aku lolos buat ikutan WULF! Singkat cerita kita diinvite di grup whatsapp sama kak tommy dan kak puput dari HR Unilever. Semua kebutuhan disana puji Tuhan dibantu oleh Unilever, jadi bener-bener Cuma bawa pakaian dan badan aja ke Unilever Cikarangnya.
Masuk ke pembahasan the Day nih!

Day-1!

Seperti biasa kalo dimana-mana emang diawali dengan perkenalan satu sama lain. Cuma ngobrol-ngobrol doang sih nama dan asal darimana. Ada 48 orang yang kepilih dari sekitar 400-an katanya yg daftar. Antara sedih atau senang sih, karena disitu Cuma aku doang yg dari Undip, tapi it’s okay. Tetap disyukuri ajaa. Pas kenalan sana sini, ternyata kebanyakan dari mereka ada yg anak Beswan Djarum, XLFL, dulu exchange kesana sini, dancer dan lainnya! Sumpah ya mereka keren-keren bangettttt! Dan aku gatau mau cerita aku dari bagian apa wkwk karena aku ga termasuk dari semua yg mereka dapetin itu, cuma butiran jasjus yang kalo kena angin langsung terbang ntah kemana, yah lebih tepatnya barisan tertolak hahaha. Tapi ga masalah, kebetulan aku orang nya emang gampang deket sama siapa aja, jadi ga terlalu ambil pusing banget sih. Banyak-banyak bersyukur aja lebih tepatnya

Di hari yang pertama ini sebenernya full of workshop. Tapi bukan workshop yang bakal bikin feel sleepy dongss! Di awal kita dikenalin secara mendalam tentang Unilever Indonesia dan hingga Unilever International. Unilever emang bener-bener gede gengs, bayangin aja produk-produk yang ada di kamar kalian pasti 50% dominated by Unilever product, contohnya kaya lotion, shampoo, sabun, bedak, sikat gigi, pasta gigi dan lain-lain..coba deh check aja di barang-barang nya pasti ada logo U nya khas unilever wkwk. Workshop kedua dan ketiga serta selanjutnya lebih tentang “Who am I”. Workshop nya ini full of English, diisi oleh Madame Hema sbg Co-founder nya Women in Engineering, beliau dari afrika selatan. Trus ada Mr. Alpin yang ceritain Unilever dan supply chain secara khusus. Kenapa supply chain? Well, supply chain ini singkatnya adalah main controlnya pembentukan produk dari raw material sampe tuh barang bisa ada di indomaret, alfamart atau distributor-distributor. Pastinya penting banget dong! Permasalahan lain yang ada lagi, Unilever jarang bisa menjaring cewek-cewek teknik yang berminat buat jadi karyawan bidang supply chainnya, jadi salah satu alasan acara ini khusus buat cewek-cewek teknik ya itu, bahwa gender itu ga jadi penentu sih. Semua orang bisa ngelakuin apa pun yang dia suka meskipun kebanyakan masih didominasi oleh lawan jenis mu.


Aku ga usah ceritain isi workshopnya secara detail, yah biar ga spoiler aja semisal yang baca pada mau ikutan tahun depan wkwkwk. Gatau juga sih bakalan sama apa ga, yah tp berharap diadain lagi tahun depan. Lanjut, habis makan siang, ada workshop lagi dari Mrs. Ampy. Beliau adalah VP nya Supply Chain nya Unilever se-Asia coyyyy. Katanya juga VP pertama yang cewek, sebelum2nya cowok2. Isi workshop nya lebih ke tentang perjalanan karir dari Mrs. Ampy! Menginspirasi banget dan ga nyangka bisa ketemu beliau di acara ini. Intinya emang di hari pertama ini, kita lebih difokuskan tentang workshop pengembangan diri kita dan dikenalkan secara detail tentang apa yang dimaksud dengan supply chain.


Day – 2!


Nah, di hari kedua ini juga ga kalah seru dengan hari pertama. Sama sih, ada beberapa workshop juga tentang leadership dan engineering. Namun yang paling berkesan di hari kedua ini adalah bermain BEER GAMES! Well, actually this games is such a new thing in my life. Karena, katanya games ini sering dimainkan di jurusan Teknik Industri yang menceritakan tentang gambaran umum di perusahaan tentang SUPPLY CHAIN.



Pelajaran yang bisa diambil adalah bahwa pekerjaan di perusahaan harus memperhatikan banyak aspek, agar tidak menimbulkan kerugian. It’s okay ada kerugian sedikit, tapi akan menjadi masalah besar ketika kerugian tersebut ditumpuk-tumpuk dan menghasilkan tumpukan kerugian. Kalau di BEER Games ini, ada 4 stakeholder yang berperan, yaitu Factory, Distributor, Wholesaler dan Retailer. Masing-masing dari stakeholder tersebut bertujuan memastikan bahwa permintaan konsumen dapat sampai ke tangan konsumen tanpa kekurangan apapun. Kalau di games ini, kita harus bisa mengatur strategi agar tidak terjadi hutang yang terlalu banyak. Sehabis main games, masih dilanjutkan dengan leadership workshop by Mrs. Hema. Di akhir acara, seperti biasa ditutup dengan foto-foto cantik huehuehueue. Agak ribet sih emang mengatur para-para wanita yang centil centil ini buat foto karena semuanya rebutan buat foto sampai antri panjang gitu.

Well, cukup sekian ceritaku. Intinya aku mau ngucapin makasih banyak buat Unilever Indonesia yang sudah menyediakan fasilitas ini, dan memilih aku over 400 registrant. Yang paling berkesan lagi bisa ketemu orang-orang di Unilever yang sangat luar biasa. Puji Tuhan! Bonus foto-foto WULF juga nih :)
Makan Malam peserta WULF bersama Karyawan Unilever

Pas lagi habis acara apa ya lupa wkwk

Selfie dulu lah :D

Ini timku nih, tim Rexona

Ini temen-temenku yang ternyata sama-sama di SPE juga




2 komentar:

  1. hi kak seru banget ya ikut acaranya. mau tanya, waktu itu daftarnya lewat mana ya? Lalu, 2 harii berlangsung , itu hari biasa atau Sabtu Minggu ya? Trims!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acaranya berlangsung 1 kali setahun mbak, dan dikhususkan untuk mahasiswa semester akhir. Untuk tahun ini sepertinya sudah selesai, dicoba tahun depan saja mba. Ikutin infonya di sosmed2 Unilever saja mba

      Hapus